KEEFEKTIFAN TEKNIK BRAINSTORM SHEET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI DONGENG YANG PERNAH DISIMAK PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL

Rani, Ari Prima (2013) KEEFEKTIFAN TEKNIK BRAINSTORM SHEET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KEMBALI DONGENG YANG PERNAH DISIMAK PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ari Prima Rani 09201244021.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis kembali dongeng yang pernah disimak yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan teknik brainstorm sheet dan siswa yang belajar tanpa menggunakan teknik brainstorm sheet. Penelitian ini juga bertujuan menguji keefektifan teknik brainstorm sheet untuk pembelajaran menulis kembali dongeng yang pernah disimak pada siswa kelas VII SMP N 1 Wonosari, Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttes nonequivalent control group. Variabel bebas penelitian ini yaitu teknik brainstorm sheet dan variabel terikatnya yaitu kemampuan menulis kembali dongeng yang pernah disimak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Wonosari, Gunungkidul dengan sampel kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes menulis individual. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%, serta memperhatikan uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji-t sampel bebas menggunakan SPSS 16.0 terhadap skor pascates antara kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan thitung sebesar 6,283; df 46; dan ttabel 2,013. Kemudian, hasil uji-t sampel berhubungan terhadap skor pascates antara kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 12,318 dengan df 23 dan ttabel 2,069. Berdasarkan hasil uji-t, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis kembali dongeng yang pernah disimak yang signifikan antara siswa kelas VII SMP N 1 Wonosari yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik brainstorm sheet dan yang tanpa menggunakan teknik brainstorm sheet, (2) penerapan teknik brainstorm sheet juga terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kembali dongeng yang pernah disimak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik brainstorm sheet, menulis kembali dongeng, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23146

Actions (login required)

View Item View Item