KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY WRITING MAP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JATIPURO KARANGANYAR

Sedyoko, Arda (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY WRITING MAP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JATIPURO KARANGANYAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arda Sedyoko 09201244025.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis puisi antara kelompok siswa yang menggunakan strategi Story Writing Map dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi Story Writing Map dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatipuro Karangganyar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian berupa Pratest-posttest control group design. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini. Variabel pertama merupakan variabel bebas berupa strategi Story Writing Map. Variabel kedua merupakan variabel terikat berupa kemampuan menulis puisi. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatipuro Karanganyar sebanyak 192 siswa dengan pembagian dua kelompok sampel. Sampel pertama merupakan kelas kontrol yang diwakili oleh kelas VIII E dan sampel kedua merupakan kelas eksperimen yang diwakili oleh kelas VIII A. Tiap sampel berjumlah 32 siswa. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t menggunakan SPSS 16,0 yang dilakukan pada skor pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan, menunjukkan thitung sebesar 2,419 dengan db 62 dan p sebesar 0,018. Nilai ttabel menunjukkan 1,990, dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (2,419>1,990) dan p juga lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,018<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Story Writing Map dalam pembelajaran menulis puisi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan strategi Story Writing Map dalam pembelajaran menulis puisi. Selain itu, setelah dilakukan uji-t prates dan pascates kelompok eksperimen (2) untuk mengetahui apakah strategi ini efektif, menghasilkan thitung sebesar 8,774 dengan db 32 dan ttabel 2,0315. Dengan demikian, thitung lebih besar daripada ttabel (8,774>2,0315). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan strategi Story Writing Map efektif dalam pembelajaran menulis puisi di kelas VIII SMP Negeri 1 Jatipuro Karanganyar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi Story Writing Map, pembelajaran menulis puisi, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 06:47
Last Modified: 30 Jan 2019 00:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23143

Actions (login required)

View Item View Item