RESEPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KABUPATEN BANYUMAS TERHADAP CERPEN REMAJA “MAAFKAN AKU IBU” KARYA HERAWATI

Fiftiani, Aning (2013) RESEPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KABUPATEN BANYUMAS TERHADAP CERPEN REMAJA “MAAFKAN AKU IBU” KARYA HERAWATI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aning Fiftiani 09201241066.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penenlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resepsi siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Banyumas terhadap Cerpen “Maafkan Aku Ibu”. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resepsi siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Banyumas terhadap Cerpen “Maafkan Aku Ibu” dilihat dari (1) faktor kebaruan cerita; (2) faktor dampak yang ditimbulkan cerita terhadap pembaca; dan (3) faktor desain cerita. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Banyumas dengan teknik pengambilan sampel Cluster Stratified Random Sampling dan diperoleh 352 responden dari dua belas sekolah. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala likert. Hasil uji validitas instrumen menunjukkan dari 37 pernyataan, lima butir dinyatakan gugur sehingga didapatkan 32 pernyataan yang valid. Koefisien reliabilitasnya sebesar 0,887. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan resepsi siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Banyumas terhadap cerpen “Maafkan Aku Ibu” karya Herawati sebagian besar termasuk kategori “tinggi” yakni sebanyak 246 siswa (67,05%). Hal itu didukung dengan faktor kebaruan cerita yang tinggi (sebesar 69,89%), faktor dampak yang ditimbulkan yang tinggi (57,37%) pula, serta faktor desain cerita yang tinggi (sebesar 59,94%). Dilihat dari indikator-indikator tiap faktor, diketahui bahwa indikator yang memiliki skor paling tinggi adalah resepsi siswa tentang konflik dan klimaks. Selanjutnya pada faktor dampak yang ditimbulkan cerita terhadap pembaca, indikator yang memliki skor paling tinggi dalah resepsi siswa tentang emosi. Pada faktor desain cerita, indikator yang memiliki skor paling tinggi adalah resepsi siswa tentang amanat yang disampaikan cerita. Dari data penelitian juga dapat diketahui bahwa sekolah yang memiliki resepsi tinggi adalah SMP Negeri 1 Purwokerto, SMP Negeri 1 Ajibarang, SMP Negeri 1 Sumpiuh, SMP Negeri 1 Jatilawang, dan SMP Negeri 2 Lumbir. Hal itu didukung oleh kualitas sekolah tersebut, baik didukung oleh fasilitas sekolah atau pun guru bahasa Indonesia yang berkualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Resepsi, Cerpen, Siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 06:44
Last Modified: 30 Jan 2019 00:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23140

Actions (login required)

View Item View Item