Hariyadi, Andri (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI I SEDAYU YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Andri Hariyadi 07201244097.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama menggunakan strategi kooperatif tipe STAD (Student Team Achievment Division) pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Subjek penelitian adalah 33 orang siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi tindakan terbagi dalam dua siklus. Siklus I maupun siklus II dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan strategi STAD (Student Team Achievment Division). Data diperoleh dari pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan-perubahan ke arah perbaikan, baik yang terkait dengan guru maupun siswa. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis naskah drama dengan penggunaan metode STAD yang ditunjukkan oleh adanya keaktifan, antusias, semangat, dan fokus siswa kepada pembelajaran. Pada tahap pratindakan, siswa terlihat malas, suka bercanda, bermain-main, kurang bersemangat, dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru ketika mengikuti pembelajaran. Pada tahap siklus I siswa mulai bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Pada tahap siklus II, siswa lebih memperhatikan pembelajaran, tidak bermain-main, bercanda, dan bersenda gurau. Siswa juga lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain peningkatan kualitas,dalam penelitian ini juga terjadi peningkatan secara produk. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor menulis naskah drama siswa pada setiap siklus. Peningkatan ini dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata keterampilan menulis naskah drama siswa pada setiap siklus. Skor rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 14,64, pada saat siklus I meningkat menjadi 19,12 (31%), dan pada siklus II meningkat menjadi 24,15 (27%). Peningkatan skor dari pratindakan ke siklus II adalah 9,51 (65%). Dengan demikian, keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Sedayu, Bantul, Yogyakarta telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan menggunakan strategi STAD (Student Team Achievment Division).
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, naskah drama, strategi kooperatif pada siswa |
| Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
| Date Deposited: | 09 Jul 2015 06:38 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 00:59 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
