Anwar, Anwar Hidayat (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM DI SMK N 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.
|
Text
Anwar Hidayat 09503244009.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA DIKLAT PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM DI SMK N 1 SEDAYU Oleh Anwar Hidayat 09503244009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik pada mata Diklat Proses Dasar Perlakuan Logam (PDPL) Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 1 Sedayu tahun ajaran 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM SMKN 1 Sedayu yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi aktifitas siswa, wawancara dengan guru mata diklat PDPL dan dengan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar PDPL siswa kelas X TPM SMK N 1 Sedayu pada setiap siklus. Pada Siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 62,5% dengan nilai rata-rata kelas 73,5. Persentase keaktifan siswa terendah 43,75% dan tertinggi 62,5%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 93,75% dengan nilai rata-rata kelas 82,81. Persentase keaktifan siswa terendah 81,25% dan tertinggi 93,75%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, PDPL, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 06:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23135 |
Actions (login required)
View Item |