ANALISIS SARANA PRAKTEK BENGKEL TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Annisa, Annisa Lailis Tiastiningrum (2015) ANALISIS SARANA PRAKTEK BENGKEL TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Annisa Lailis Tiastiningrum 09505244033.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ANALISIS SARANA PRAKTEK BENGKEL TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Oleh: Annisa Lailis Tiastiningrum 09505244033 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemenuhan sarana praktek bengkel bangunan terhadap nilai hasil praktek siswa Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Yogyakarta meliputi perabot, peralatan praktek media pembelajaran dan perlengkapan lain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMK Negeri 2 Yogyakarta pada bulan Mei 2014. Subjek dalam penelitian adalah Kepala Bengkel Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton, teknisi bengkel bangunan dan siswa kelas XI TKBB tahun ajaran 2013/2014. Objek dalam penelitian ini adalah sarana praktek bengkel batu dan beton yang ditinjau dari perabot, peralatan praktek, media pembelajaran, dan perlengkapan lain serta nilai hasil praktek siswa. Data diambil dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan checklist yang digunakan pada saat observasi dan pedoman untuk wawancara. Data sarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar dalam PERMENDIKNAS No. 40 Tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dan instrumen verifikasi dari BSNP No. 1049-P2-10/11 Tahun 2010/2011 mengenai instrumen verifikasi SMK/MAK tentang penyelenggaraan ujian praktek kejuruan. Analisis data menggunakan skala persentase dari hasil penelitian yang selanjutnya dibandingkan dengan nilai hasil praktek siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemenuhan sarana praktek bengkel bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta mencapai nilai persentase 88,13% sehingga dikategorikan dalam kondisi sangat layak. Sedangkan hasil analisis nilai praktek siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu dan Beton Tahun Ajaran 2013/2014 tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan perolehan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal mencapai presentase 85,42% dari keseluruhan siswa. Kata kunci: Tingkat Pemenuhan, Sarana Ruang Praktek Bengkel Bangunan, Teknik Konstruksi Batu dan Beton

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 06:18
Last Modified: 30 Jan 2019 00:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23126

Actions (login required)

View Item View Item