PENGEMBANGAN MEDIA MOOD BOARD BUSANA PESTA PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA OLEH SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA

Anisa, Kurniarti (2015) PENGEMBANGAN MEDIA MOOD BOARD BUSANA PESTA PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA OLEH SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ANISA KURNIARTI 09513244002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA MOOD BOARD BUSANA PESTA PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA OLEH SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA Disusun Oleh: Anisa Kurniarti NIM. 09513244002 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan dan menghasilkan produk media mood board busana pesta pada mata diklat menggambar busana pada siswa kelas XI busana di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta, 2) mengetahui kelayakan media mood board busana pesta pada mata diklat menggambar busana pada siswa kelas XI busana di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) dengan prosedur pengembangan menurut Borg & Gall yang dikutip dalam Tim Puslitjaknov (Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi), tahapan-tahapannya meliputi: (1) tahap analisis kebutuhan produk, (2) mengembangkan produk awal (3) validasi ahli dan revisi (melibatkan 3 ahli materi dan 3 ahli media), (4) uji coba skala kecil melibatkan 5 siswa dipilih dengan teknik purpossive sampling dan (5) uji coba skala besar yang melibatkan 26 siswa. Penelitian dilaksanakan pada kelas XI Busana Butik di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Uji validitas menggunakan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan reliabilitas Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan media mood board busana pesta pada mata diklat menggambar busana pada siswa kelas XI busana di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta melalui 5 tahapan yaitu: a) analisa kebutuhan produk yaitu: mengkaji kurikulum (standar kompetensi menggambar busana) dan kompetensi dasar mengelompokkan macam-macam busana wanita (busana pesta), analisis kebutuhan produk (observasi dan wawancara) dan menyusun rancangan/draft media mood board, b) mengembangkan produk awal yaitu: membuat produk media mood board busana pesta sesuai dengan draft, c) validasi ahli dan revisi yaitu: proses revisi media mood board oleh ahli media, ahli materi dan guru, d) uji coba lapangan skala kecil yaitu: berjumlah 5 orang siswa, e) uji coba lapangan skala besar dan hasil akhir produk uji coba media mood board berjumlah 26 siswa untuk mengetahui tingkat kelayakan sebelum digunakan dan media mood board busana pesta layak digunakan siswa kelas XI Busana di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta, (2) kelayakan media mood board busana pesta oleh ahli media, materi dan guru menyatakan “layak”. Pembelajaran dinilai oleh siswa (uji coba skala besar) menyatakan “layak” dengan skor rata-rata 122 (54,3 %). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media mood board busana pesta dinyatakan “layak” digunakan sebagai media pembelajaran menggambar busana. Kata kunci : Pengembangan, Media Mood Board, Menggambar Busana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:15
Last Modified: 30 Jan 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23101

Actions (login required)

View Item View Item