“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CHART UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOGNITIF SISWA PADA UNIT KOMPETENSI PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI RESTORAN DI SMK NEGERI 2 GODEAN”

ANIS, WAHYUNINGTIYAS (2015) “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CHART UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOGNITIF SISWA PADA UNIT KOMPETENSI PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI RESTORAN DI SMK NEGERI 2 GODEAN”. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anis Wahyuningtyas - 06511241005.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CHART UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOGNITIF SISWA PADA UNIT KOMPETENSI PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI RESTORAN DI SMK NEGERI 2 GODEAN” ANIS WAHYUNINGTIYAS 06511241005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Mengetahui model Chart yang baik untuk pembelajaran Tata Hidang (2). Mengetahui pencapaian kompetensi kognitif siswa pada unit kompetensi pengertian dan klasifikasi restoran sebelum penggunaan media pembelajaran Chart (3). Mengetahui pencapaian kompetensi kognitif pada unit kompetensi pengertian dan klasifikasi restoran setelah penggunakan media pembelajaran Chart (4). Mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Chart terhadap peningkatan kompetensi kognitif siswa pada unit kompetensi pengertian dan klasifikasi restoran. Subjek penelitian kelas X Tata Boga SMK Negeri 2 Godean, dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X Tata Boga 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Tata Boga 3 sebagai kelas kontrol diambil secara random dan satu kelas yaitu kelas X Tata Boga 1 untuk uji instrumen. Objek penelitiannya berupa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Chart dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kognitif. Untuk uji validitas instrumen tes menggunakan program Iteman dengan hasil 35 butir soal yang valid dan 5 butir soal gugur dari keseluruhan 40 butir soal. Nilai reliabilitas alpha 0,824. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Model Chart yang baik untuk pembelajaran Tata Hidang yaitu Chart memiliki tampilan menarik, media merupakan penggabungan antara materi pokok dan materi pendukung serta pemilihan warna dan tata letak yang dikemas dengan baik, selain itu materi mudah untuk dipahami.(2). Penguasaan kompetensi siswa dengan pembelajaran konvensional dengan skor rerata pretest 21,0571 dan post test 22,7714 sehingga dapat dikategorikan dalam skor sedang. (3). Penguasaan kompetensi siswa dengan menggunakan media pembelajaran Chart dengan skor rerata pretest 20,4571 dikategorikan dalam skor sedang dan post test 28,9714 dikategorikan dalam skor tinggi. (4). Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar secara konvensional dengan siswa yang belajar menggunakan Chart. Hasil peningkatan skor pretest dan post tes untuk kelas kontrol 1,7143 dan nilai t hitung sebesar 1,650 dengan signifikansi 0,108 sedang untuk kelas eksperimen peningkatan skornya 8,5143 dengan nilai t hitung 7,411 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian kelas yang menggunakan Chart sebagai media pembelajaran lebih efektif meningkatkan kompetensi kognitif pada pembelajaran Tata Hidang bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:09
Last Modified: 09 Jul 2015 04:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23099

Actions (login required)

View Item View Item