PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PROMOSI DINAMIS DI SMK NEGERI 1 PENGASIH

Anindita, Agustania (2015) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PROMOSI DINAMIS DI SMK NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anindita Agustina 07513241031.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PROMOSI DINAMIS DI SMK NEGERI 1 PENGASIH Anindita Agustania NIM. 07513241031 Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menghasilkan video pembelajaran untuk mata pelajaran promosi dinamis, yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada kelas XII di SMK N 1 Pengasih. (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran untuk mata pelajaran promosi dinamis di SMK N 1 Pengasih sehingga layak diterapkan untuk media pembelajaran. Pengembangan video pembelajaran pada mata pelajaran promosi dinamis di SMK Negeri 1 Pengasih ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development yang menghasilkan video pembelajaran untuk mata pelajaran promosi dinamis dengan durasi video selama 15 menit. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode milik Allesi and Trollip, yang meliputi 3 langkah pengembangan, yaitu (1) planning : menentukan kebutuhan dan tujuan, mengumpulkan sumber, dan menghasilkan gagasan. (2) design :membuat flowchart, membuat storyboard, dan mempersiapkan skrip. (3) development :memproduksi video dan audio, memprogram materi, menyiapkan komponen pendukung, mengevaluasi dan merevisi. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk video pembelajaran yang telah diuji kelayakannya oleh ahli media, ahli materi dan siswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan hasil yang baik yaitu memperoleh kategori Layak dengan rincian : (1) uji ahli materi mendapatkan hasil rerata 3,55 yaitu dikategorikan layak (2) uji ahli media mendapatkan hasil rerata 3,5 yaitu dikategorikan layak (3) uji skala kecil oleh siswa mendapatkan hasil rerata 3,5 yaitu dikategorikan layak, (4) uji skala besar oleh siswa mendapatkan hasil rerata 3,19 yaitu dikategorikan layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran promosi dinamis di SMK N 1 Pengasih. Kata Kunci : Pengembangan, video pembelajaran, promosi dinamis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23097

Actions (login required)

View Item View Item