EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI LITOSFER KELAS X SMA

Riantika, Rasti Fajar Peni (2014) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI LITOSFER KELAS X SMA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 10405241035.swf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 10405241035.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Efektivitas pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada materi litosfer kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain Penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Islam 1 Surakarta dari dua kelas memiliki jumlah 34 siswa yaitu 17 siswa pada kelompok kontrol dengan pendekatan konvensional dan 17 siswa pada kelompok eksperimen dengan pendekatan CTL. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test ( pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan independen sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis diperoleh nilai p sebesar 0,000, yang berarti hasil signifikansi pada α < 0,05. Hasil belajar geografi menggunakan pendekatan CTL lebih tinggi dibanding menggunakan metode ceramah. Rerata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 12,70, sedangkan rerata kenaikan nilai pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 1,50. Kenaikan rerata kelas eksperimen yang lebih tinggi membuktikan bahwa hasil belajar geografi pada materi litosfer menggunakan pendekatan CTL lebih baik peningkatannya dibanding menggunakan metode ceramah Kata Kunci: Efektivitas, Pendekatan CTL, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 09 Jul 2015 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23093

Actions (login required)

View Item View Item