Persepsi Guru tentang Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Menuju Keberhasilan Ujian Nasional di SMK 1 Sedayu Bantul

Angky, Dewanti R.P (2015) Persepsi Guru tentang Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Menuju Keberhasilan Ujian Nasional di SMK 1 Sedayu Bantul. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ANGKYDwanti Rian Puspita 06505241025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persepsi Guru tentang Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Menuju Keberhasilan Ujian Nasional di SMK 1 Sedayu Bantul Angky Dewanti R.P Abstrak Keberhasilan sekolah mencapai tujuannya secara dominan sangat ditentukan oleh pengelolaan sekolahnya, sedangkan pengelolaan sekolah yang berhasil sangatlah ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolahnya. Proses pendidikan di dalamnya terdapat aktivitas guru mengajar, peran serta siswa dalam belajar, sistem pengelolaan administrasi, serta mekanisme kepemimpinan kepala sekolah merupakan hal yang perlu dioptimalkan fungsinya agar kualitas pendidikan dapat ditingkatkan. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap kinerja guru termasuk guru di SMK 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini dikaji dengan rumusan masalah sebagai berikut: Apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru berdasarkan persepsi guru di SMK 1 Sedayu Bantul? Guna menjawab rumusan masalah di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian kausal-korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 1 Sedayu Bantul dengan populasi sebanyak 100 orang dan sampel 50 orang. Sampel diambil dari guru di SMK 1 Sedayu Bantul. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan perolehan p hitung 0,000 < 0,05 yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) Untuk menumbuhkan kinerja guru yang tinggi maka diperlukan kepemimpinan kepala sekolah yang baik. Kepala sekolah hendaknya dapat memberi tauladan yang baik untuk mengoptimalkan kinerja guru, (2) Penelitian berikutnya hendaknya menggunakan sampel yang lebih luas sehingga dapat meneliti dengan lebih baik lagi, (3) Penelitian selanjutnya tidak hanya guru saja yang digunakan sebagai sumber informasi, tetapi juga dari kepala sekolah agar sumber data lebih valid. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23092

Actions (login required)

View Item View Item