KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN TATA LETAK PCB SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 BLORA

Anggriawan, Dwi Nuranto (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN TATA LETAK PCB SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 BLORA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anggriawan Dwi 09518244011.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBUATAN TATA LETAK PCB SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK NEGERI 1 BLORA Oleh: Anggriawan Dwi Nuranto NIM : 09518244011 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui adanya perbedaan kompetensi siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan model pembelajaran ceramah, (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran Two Stay Two Stray dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah menggunakan media perangkat lunak proteus pada mata pelajaran Gambar Teknik dalam aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi-Experiment. Subyek penelitian adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Blora sebanyak 62 orang. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TAV SMK N 1 Blora dengan membagi dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kompetensi siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan model pembelajaran ceramah, yang dilihat dari perbandingan antara thitung dengan ttabel sebesar 4,668>2,00 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif untuk meningkatkan kognitif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah, dengan nilai perbandingan antara thitung dengan ttabel sebesar 4,668>2,00 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif untuk meningkatkan psikomotor siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah, dengan nilai perbandingan antara thitung dengan ttabel sebesar 2,745>2,00 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif untuk meningkatkan afektif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah, dengan nilai perbandingan antara thitung dengan ttabel sebesar 2,771 >2,00 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: kognitif siswa, psikomotor siswa, afektif siswa, model pembelajaran Two Stay Two Stray, penggambaran tata letak PCB.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23087

Actions (login required)

View Item View Item