PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH SISWA KELAS XII JASA BOGA II DI SMKN 6 YOGYAKARTA

Anggita, Nareswara (2015) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH SISWA KELAS XII JASA BOGA II DI SMKN 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anggita Nareswara-04511241016.pdf

Download (977kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH SISWA KELAS XII JASA BOGA II DI SMKN 6 YOGYAKARTA Oleh: Anggita Nareswara 04511241016 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa kelas XII Jasa Boga II SMKN 6 Yogyakarta berdasarkan keterampilan memanfaatkan perpustakaan (2) mengetahui tingkat kunjungan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar oleh siswa kelas XII Jasa Boga II di SMKN 6 Yogyakarta (3) mengetahui jenis buku apa saja yang sering dimanfaatkan oleh siswa kelas XII Jasa Boga II di SMKN 6 Yogyakarta sebagai sumber belajar (4) mengetahui fasilitas apa saja yang ada di perpustakaan sekolah SMKN 6 Yogyakarta dan bagaimana tingkat pemanfaatannya oleh siswa kelas XII Jasa Boga II di SMKN 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Desember 2011 di SMKN 6 Yogyakarta. Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII Jasa Boga II SMKN 6 Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket yang pengukurannya menggunakan skala Guttman. Uji validitas instrumen adalah validitas logik menggunakan validitas isi (content validity). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dibantu dengan komputer program SPSS for windows 13. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa kelas XII Jasa Boga II SMKN 6 Yogyakarta secara berturut-turut, adalah keterampilan mengambil intisari sebesar 66,20%; keterampilan menganalisa sebesar 63,14%; keterampilan menggunakan informasi sebesar 60,64%; keterampilan mengumpulkan informasi sebesar 51,58% dan secara keseluruhan berada pada kategori baik. (2) tingkat kunjungan siswa kelas XII Jasa Boga II, 100% siswa berkunjung ke perpustakaan seminggu sekali dan berada pada kategori jarang, dengan alasan kunjungan, 91,18% siswa berkunjung untuk mencari referensi terkait tugas yang diberikan oleh guru, dan 8,82% siswa berkunjung untuk menambah pengetahuan. (3) jenis buku yang sering dimanfaatkan siswa kelas XII Jasa Boga II sebagai sumber belajar, berturut-turut adalah 58,82% siswa memanfaatkan buku paket; 23,53% siswa memanfaatkan buku popular (majalah dan tabloid); dan 17,65% siswa memanfaatkan jenis buku penunjang (buku resep masakan, resep kue). (4) perpustakaan SMKN 6 Yogyakarta telah mempunyai fasilitas yang memadai, namun dari segi luas ruangan perpustakaan terlalu sempit sehingga mengurangi kenyamanan siswa ketika berkunjung untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 09 Jul 2015 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 00:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23085

Actions (login required)

View Item View Item