HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN KETERAMPILAN DASAR BOLA VOLI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Nanang Rohmanto (2015) HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN KETERAMPILAN DASAR BOLA VOLI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Nanang Rohmanto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi pembelajaran permainan bola voli yang dilakukan pada saat Praktek Pengalaman Lapangan dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dengan keterampilan dasar bola voli peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah desain korelasional (Correlational Design). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan angket penelitian dan tes keterampilan. Variabel yang menjadi variabel bebas adalah minat peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Kabupaten Sleman terhadap pembelajaran keterampilan bola voli yang dilihat dari 3 faktor, yaitu tertarik/rasa senang, perhatian dan aktivitas.Sedangkan variabel terikatnya yaitu keterampilan dasar bola voli. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Kabupaten Sleman, yang berjumlah 69 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara minat dengan keterampilan dasar bola voli peserta didik dengan nilai korelasi 0,414 dan pengaruh variabel minat terhadap keterampilan dasar bola voli sebesar 17,2 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi minat peserta didik terhadap pembelajaran bola voli maka keterampilan dasar bola voli peserta didik juga akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat, Keterampilan dasar bola voli.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:52
Last Modified: 11 Mar 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23079

Actions (login required)

View Item View Item