PENGARUH AKTIVITAS AKUATIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS ATAS DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

Puput Septiyani (2015) PENGARUH AKTIVITAS AKUATIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS ATAS DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas akuatik terhadap kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan kelas atas di SLB N Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sebelum diberikan perlakuan, dilakukan pretest terlebih dahulu yaitu tes kemampuan motorik kasar, setelah itu diberikan treatment sebanyak 16 kali, kemudian pada akhir pertemuan dilakukan posttest kemampuan motorik kasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak tunagrahita kelas atas di SLB N Pembina Yogyakarta berjumlah 38. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas akuatik terhadap kemampuan motorik kasar anak tunagrahita ringan kelas atas di SLB N Pembina Yogyakarta. Oleh karena itu aktivitas akuatik dapat digunakan sebagai aktivitas bagi anak tunagrahita ringan kelas atas untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Akuatik, Kemampuan Motorik Kasar.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:51
Last Modified: 30 Jan 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23077

Actions (login required)

View Item View Item