UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI MEDIA PIRING PLASTIK SISWA KELAS V SD NEGERI KLEGUNG 1 KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN

Puji Sujati (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI MEDIA PIRING PLASTIK SISWA KELAS V SD NEGERI KLEGUNG 1 KECAMATAN TEMPEL KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Puji Sujati_13604227038.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya pembelajaran penjasorkes materi lempar cakram karena terbatasnya fasilitas di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas belajar lempar cakram siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman dengan media piring plastik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Desain penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan efektivitas belajar lempar cakram dengan media piring plastik. Teknik pengumpulan data melalui tes perbuatan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas belajar lempar cakram siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman dengan modifikasi media piring plastik mengalami peningkatan, yaitu dari hasil pra siklus tersebut, 6 siswa atau 26,09% tuntas belajar dan 17 siswa atau 73,91% belum tuntas belajar. Hasil tes siklus I diperoleh 12 siswa atau 52,18% tuntas belajar dan 11 siswa atau 47,82% belum tuntas belajar. Sehingga berdasarkan rerata yang diperoleh tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan 25,93% pada siklus I. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 19 siswa atau 82,61% tuntas belajar dan 4 siswa atau 17,39% belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil rerata yang diperoleh tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan 7,55% pada siklus II dari siklus I. Persentase keberhasilan di siklus II sudah mencapai >75% sehingga penelitian ini dihentikan dan dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektifitas belajar, media belajar, lempar cakram
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:51
Last Modified: 30 Jan 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item View Item