TINGKAT KEMAMPUAN LONG SERVICE FOREHAND PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SD NEGERI 2 JANTURAN, PENGASIH, KABUPATEN KULONPROGO

Suryani (2015) TINGKAT KEMAMPUAN LONG SERVICE FOREHAND PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SD NEGERI 2 JANTURAN, PENGASIH, KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masih ada peserta ekstrakurikuler yang belum maksimal dalam melakukan teknik dasar long service forehand bulutangkis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan pukulan long service forehand dalam ekstrakurikuler bulutangkis di SD Negeri 2 Janturan, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa peserta ekstrakurikuler bulutangkis SD Negeri 2 Janturan yang berjumlah 51 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambill menggunakan teknik total sampling berjumlah 51 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel total, artinya adalah seluruh anggota populasi digunakan sebagai subyek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan teknik pengambilan data memakai instrumen penelitian tes. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pukulan long service forehand peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SD Negeri 2 Janturan, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 3,92% (2 siswa), kategori “kurang” sebesar 37,25% (19 siswa), kategori “sedang” sebesar 33,33% (17 siswa), kategori “baik” sebesar 13,73% (7 siswa), “sangat baik” sebesar 11,76% (6 siswa). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan pukulan long service forehand peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SD Negeri 2 Janturan, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo dalam kategori “kurang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, long service forehand, peserta ekstrakurikuler bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:50
Last Modified: 30 Jan 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23067

Actions (login required)

View Item View Item