PEMANFAATAN BUBUR KERTAS UNTUK PEMBUATAN KALIGRAFI SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KREATIVITAS SANTRI TPA AL LUQMANIYYAH DI KELURAHAN PANDEYAN KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Khasani, Mukhlas (2013) PEMANFAATAN BUBUR KERTAS UNTUK PEMBUATAN KALIGRAFI SEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KREATIVITAS SANTRI TPA AL LUQMANIYYAH DI KELURAHAN PANDEYAN KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mukhlas Khasani 09207241006.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah kreativitas para santri di TPA Al Luqmaniyyah dapat meningkat dengan adanya pembuatan relief kaligrafi dengan menggunakan media bubur kertas sebagai bahan utamanya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reaserch), dengan menggunakanmetodepenelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah santri TPA Al Luqmaniyyah Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif guna mengetahui kualitas karya relief kaligrafi untuk pembinaan kreativitas di TPA Al Luqmaniyyah Yogyakarta dan menghasilkan karya relief kaligrafi yang kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata dari penilaian peneliti, kolaborator dan teman sejawatdari peneliti terhadap proses dan hasil karya pembelajaran pembuatan kaligrafi bubur kertas milik santri mengalami peningkatan. Pada kegiatan pratindakan presentase jumlah rata-rata nilai santri adalah 56,24 %, kemudian pada siklus pertama presentase jumlah rata-rata nilai karya kaligrafi santri telah meningkat menjadi62,75 % dan pada siklus kedua presentase jumlah rata-rata nilai karya kaligrafi santri TPA Al Luqmaniyyah meningkat pula menjadi 81,54 %. Dari hasiltersebut maka dapat dinyatakan bahwa kreativitas santri TPA Al Luqmaniyyah meningkat dengan adanya pembelajaran pembuatan kaligrafi dengan menggunakan media bubur kertas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bubur kertas, kaligrafi
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 01:41
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23065

Actions (login required)

View Item View Item