IMPLEMENTASI SQ4R BERBANTUAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG KOMPREHENSIF DI SMA 1 KARANGANYAR DEMAK

APRIYANTO, FAJAR (2013) IMPLEMENTASI SQ4R BERBANTUAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG KOMPREHENSIF DI SMA 1 KARANGANYAR DEMAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405244037 FAJAR APRIYANTO.swf - Accepted Version

Download (6MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 07405244037 FAJAR APRIYANTO.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar geografi dengan menggunakan metode SQ4R berbantuan Talking Stick di SMA 1 Karanganyar Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N Karanganyar Demak dengan subjek siswa kelas XI IPS 2 berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar, observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menghitung nilai ratarata kelas, ketuntasan belajar secara individu, dan ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode SQ4R dengan bantuan Talking Stick dapat meningkatkan aktifitas pembelajaran geografi dengan materi pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan di kelas XI IPS 2 SMA N Karanganyar Demak. Rata-rata keaktifan siswa pada siklus I yaitu 42 %, pada siklus II meningkat menjadi 64% dan siklus III mencapai 79%. Penggunakan metode SQ4R dengan bantuan Talking Stick juga meningkatkan hasil belajar geografi, dengan ratarata nilai 63,9 pada siklus I, 74,0 pada siklus II, dan 80,6 pada siklus III. Dengan demikian penggunan SQ4R berbantuan Talking Stick dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar geografi yang komprehensif di kelas XI IPS 2 SMA 1 Demak secara simultan. . Kata kunci: SQ4R, Penelitian Tindakan Kelas, Keaktifan siswa, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 09 Jul 2015 01:37
Last Modified: 26 Oct 2015 07:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23061

Actions (login required)

View Item View Item