Mahatfi, Arum Dwi (2015) KORELASI ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V SEGUGUS 1 KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan emosi berpengaruh dalam menentukan keberhasilan seseorang. Kecerdasan emosi seorang anak dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosi siswa SD kelas V Segugus 1 Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas V segugus 1 Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 136 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Skala untuk mengumpulkan data pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi. Uji validitas menggunakan penilaiaan ahli dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan besar korelasi pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosi adalah 84,5%. Hasil analisis regresi menunjukkan (1) terdapat korelasi negatif antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosi siswa, dengan nilai t = -4,688 dan signifikansi 0,000. (2) Terdapat korelasi negatif antara pola asuh permisif dengan kecerdasan emosi siswa, dengan nilai t = -2,824 dan signifikansi 0,003. (3) Terdapat korelasi positif antara pola asuh autoritatif dengan kecerdasan emosi siswa, dengan nilai t = 16,636 dan signifikansi 0,000. Kata kunci: pola asuh orang tua, kecerdasan emosi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 00:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23039 |
Actions (login required)
View Item |