Ari Untoro, Candra (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS X SMK N 1 PLERET. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 0.pdf Download (884kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Penyampaian materi mata pelajaran PKDLE dilakukan guru SMK N 1 Pleret dengan menggunakan metode ceramah. Pembelajaran berjalan kurang efektif dikarenakan penyampaian materi belum menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan metode dan media pembelajaran untuk dapat meningkatkan kompetensi PKDLE siswa kelas X SMK N 1 Pleret. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem based learning menggunakan media software proteus dan yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem based learning menggunakan media trainer teknik digital pada mata pelajaran PKDLE di SMK N 1 Pleret (2) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran software proteus dan media trainer teknik digital pada mata pelajaran PKDLE di SMK N 1 Pleret dan (3) apakah terdapat perbedaan aspek kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem based learning menggunakan media software proteus dan yang mengikuti pembelajaran dengan metode problem based learning menggunakan media trainer gerbang logika pada mata pelajaran PKDLE di SMK N 1 Pleret. Penelitian ini merupakan penilitian Quasy Eksperiment. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X A dan X B TITL SMK N 1 Pleret sebanyak 64 orang. Data dikumpulkan dengan pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol lebih tinggi dari kelas eksperimen (34,22% ˃ 26,50%), (2) penggunaan media software proteus dan media trainer gerbang logika memiliki efektivitas yang sama dilihat dari nilai gain kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0,57 dan 0,52 yang termasuk dalam kategori sedang, (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kata kunci : problem based learning, software proteus , trainer gerbang logika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Admin Pendidikan Teknik Elektro FT |
Date Deposited: | 08 Jul 2015 07:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |