Vincentia Marisa Prihatini, . (2015) PERANAN SENIMAN DALAM PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA TAHUN 1945-1949. S1 thesis, UNY.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang perkembangan seniman Indonesia tahun 1945-1949, peranan seniman dalam upaya mendukung perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia tahun 1945-1949, dan pengaruh yang ditimbulkan dari karya-karya seniman terhadap perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia tahun 1945-1949. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo yang terdiri dari 5 tahapan yaitu 1). Pemilihan topik, 2). Heuristik (Pengumpulan Sumber), 3). Verifikasi (kritik sumber), 4). Interpretasi, 5). Historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Seniman Indonesia mengalami perkembangan pada tahun 1946, pada saat mereka memusatkan pergerakkannya di Yogyakarta. 2). Para seniman mulai mendirikan sebuah perkumpulanperkumpulan yang digunakan sebagai wadah untuk berkonsolidasi antar seniman. Seniman membuat kesepakatan bahwa karya seni yang diciptakan bertemakan perjuangan dan menjadikan karya seni sebagai alat propaganda.Wujud propaganda tersebut adalah berupa poster, lagu, sajak, dan pertunjukkan teater ataupun sandiwara. 3). Pengaruh yang ditimbulkan dari pergerakan para seniman adalah kesenian dapat dinikmati semua kalangan, baik seni sebagai hiburan, pendidikan maupun alat perjuangan. Melalui poster, coretan, lagu, sajak dan teater yang diciptakan seniman dapat memberikan penerangan tentang arti kemerdekaan kepada masyarakat khususnya Yogyakarta. Kata kunci: Seniman, Revolusi, Propaganda
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 00:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22996 |
Actions (login required)
View Item |