KEEFEKTIFAN STRATEGI BRAINWRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK

Nurmayani, Revi (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI BRAINWRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Revi Nurmayani-11201244032.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik antara kelompok yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi brainwriting dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi brainwriting, dan (2) keefektifan strategi brainwriting dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling atau penentuan sampel populasi dengan cara acak. Dari teknik simple random sampling ini kemudian diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas XB dan XC dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa. Kelas XB sebagai kelompok eksperimen dan kelas XC sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pretes dan postes menulis cerpen. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes menulis cerpen. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahli (expert judgment). Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis cerpen antara kelompok yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi brainwriting dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi brainwriting. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t data postes kemampuan menulis cerpen kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai thitung adalah 2,190 dengan df 58 pada taraf signifikansi 5% dan diperoleh nilai ttabel sebesar 2,0105. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung: 2,190 > ttabel: 2,0105) yang berarti terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dibuktikan bahwa strategi brainwriting ini efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22995

Actions (login required)

View Item View Item