PEMBELAJARAN BATIK DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Kusumawati, Eta Dwi (2013) PEMBELAJARAN BATIK DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eta Dwi Kusumawati 06207241008.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian Pembelajaran Batik di SMK Negeri 5 Yogyakarta adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan persiapan batik, proses atau langkahlangkah pembelajaran dan hasil pembelajaran batik di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari sumber berupa orang, tempat dan arsip atau dokumen. Analisis data dengan langkah reduksi data, penyajian, data, dan menarik kesimpulan atau vertifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). persiapan pembelajaran berdasarkan acuan dari program tahunan dan program semester. Dilaksanakan dengan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang tercantum dalam format program tahunan dan program semester. 2). Pelaksanaan pembelajaran dengan panduan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) terlaksana dengan efektif. Alokasi waktu yang telah ditentukan yaitu dua jam pelajaran setiap satu kali pertemuan yang tercantum dalam RPP dapat terlaksana dengan tepat waktu dari materi pokok pembelajaran yang sudah ditargetkan tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Sehingga pembelajaran yang dilaksanakan oleh siswa mencapai hasil yang positif. 3). Hasil belajar yaitu berupa hasil karya batik siswa. Nilai yang diperoleh siswa dari hasil karya praktek membatik sangat baik sudah di atas KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran batik, SMK
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 08 Jul 2015 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22991

Actions (login required)

View Item View Item