Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Saintifik SMP di Kabupaten Gunungkidul

Hartati, Yumi (2015) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Saintifik SMP di Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yumi-hartanti-13705251052.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesesuaian pelaksanaan pembelajaran IPS yang menerapkan pendekatan saintifik SMP di Kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan, yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model stake meliputi evaluasi antecedents, transactions, dan outcomes. Subjek penelitian adalah guru IPS dan peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan dan penilaian hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah daftar cek list dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dengan membandingkan hasil penelitian dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian antara pelaksanaan program pembelajaran IPS yang menerapkan pendekatan saintifik SMP di Kabupaten Gunungkidul dengan standar proses pendidikan adalah sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran menunjukkan skor rerata 24,33 sehingga berada pada kategori baik, (2) proses pelaksanaan pembelajaran menunjukkan skor rerata 44,50 sehingga berada pada kategori sangat baik, (3) penilaian hasil belajar menunjukkan skor rerata 9,17 sehingga berada dalam katagori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran IPS, pendekatan saintifik
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:59
Last Modified: 09 May 2019 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22971

Actions (login required)

View Item View Item