PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DESAIN GRAFIS SISWA KELAS XB DI SMK BINA HARAPAN SINDUHARJO SLEMAN

Anggita, Deliana (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DESAIN GRAFIS SISWA KELAS XB DI SMK BINA HARAPAN SINDUHARJO SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anggita Deliana 10520249002.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DESAIN GRAFIS SISWA KELAS XB DI SMK BINA HARAPAN SINDUHARJO SLEMAN Anggita Deliana NIM. 10520249002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan keaktifan belajar desain grafis siswa kelas XB, (2) peningkatan prestasi belajar desain grafis siswa kelas XB di SMK Bina Harapan Sinduharjo Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas XB Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Harapan, dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes prestasi belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75% dari masing-masing indikator dan prestasi belajar siswa adalah 75% berdasarkan KKM di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran team teaching dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar desain grafis siswa kelas XB di SMK Bina Harapan Sinduharjo Sleman. Rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 72,05% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,50%. Rata-rata nilai tes prestasi belajar siswa pada pra-siklus hanya 69,77 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 orang atau setara dengan 40%. Pada siklus I rata-rata nilai tes prestasi meningkat menjadi 70,91 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 orang atau setara dengan 77,27%. Pada siklus II rata-rata nilai tes prestasi meningkat menjadi 77,27 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 siswa atau setara dengan 95,45%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci : metode pembelajaran team teaching, keaktifan belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jul 2015 04:55
Last Modified: 30 Jan 2019 00:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22966

Actions (login required)

View Item View Item