PERSEPSI GURU KELAS X MATA PELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF TERHADAP KARAKTERISTIK DAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Anggie, Yezion Simeon (2015) PERSEPSI GURU KELAS X MATA PELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF TERHADAP KARAKTERISTIK DAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anggie Yezion Simeon 10505244015.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ii PERSEPSI GURU KELAS X MATA PELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF TERHADAP KARAKTERISTIK DAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 2 PENGASIH Oleh: Anggie Yezion Simeon NIM. 10505244015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persepsi guru terhadap karakteristik Kurikulum 2013 yang meliputi: rasional pengembangan kurikulum, prinsip pengembangan kurikulum, elemen perubahan kurikulum, dan struktur kurikulum SMK/MAK; (2) mengetahui persepsi guru terhadap strategi pelaksanaan Kurikulum 2013 yang merujuk pada kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan strategi yang dilakukan atas inisiatif sekolah itu sendiri; (3) mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam kelas yang meliputi: rencana pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan populasi, dengan responden 44 guru kelas X mata pelajaran program produktif di SMK Negeri 2 Pengasih. Variabel penelitian ini adalah persepsi guru terhadap karakteristik dan pelasanaan Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validasi logis dan validasi empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) persepsi guru terhadap karakteristik Kurikulum 2013 berada dalam kategori setuju dengan mean 55.09, yang menunjukkan setuju terhadap rasional pengembangan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, elemen perubahan kurikulum, dan struktur kurikulum pada SMK/MAK; (2) persepsi guru terhadap strategi implementasi Kurikulum 2013 yang berada dalam kategori sangat setuju dengan mean 32.52, yang menunjukkan sangat setuju terhadap strategi implementasi berdasarkan kebijakan pemerintah dan berdasarkan inisiatif sekolah; (3) persepsi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam kelas yang berada dalam kategori sangat setuju dengan mean 34.32, yang menunjukkan sangat setuju terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pelaksanaan pembelajaran yang sesuai Kurikulum 2013; (4) persepsi guru terhadap karakteristik dan pelaksanaan Kurikulum 2013 berada dalam kategori sangat setuju dengan mean 121.93, yang menunjukkan sangat setuju terhadap seluruh aspek yang berkaitan dengan Kurikulum 2013, yaitu: karakteristik kurikulum, strategi implementasi kurikulum, dan pelaksanaan kurikulum dalam kelas. Kata kunci: Kurikulum 2013, persepsi, karakteristik, strategi implementasi, pelaksanaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jul 2015 04:41
Last Modified: 30 Jan 2019 00:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22960

Actions (login required)

View Item View Item