KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMADIYAH 2 SLEMAN

ANGGI, PERDANA (2015) KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMADIYAH 2 SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anggi Perdana 09504244034.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMADIYAH 2 SLEMAN Oleh: ANGGI PERDANA 09504244034 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kecenderungan masing-masing variabel, (2) hubungan antara percaya diri dengan kesiapan kerja siswa, (3) hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran kejuruan dengan kesiapan kerja siswa, (4) hubungan antara percaya diri dan prestasi mata pelajaran kejuruan secara bersamaan dengan kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Muhamadiyah 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Subyek penelitian ini 100 siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Pengumpulan data rasa percaya diri dan kesiapan kerja dilakukan dengan metode kuesioner dengan menggunakan angket, sedangkan data prestasi mata pelajaran kejuruan dengan metode dokumentasi. Uji coba instrumen dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi ganda untuk mengetahui hubungan antara variabel percaya diri dan prestasi mata pelajaran kejuruan dengan kesiapan kerja siswa kelas XII. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa, (1) variabel percaya diri termasuk pada kategori baik 14%, cukup 70%, dan kurang 16%. Prestasi belajar kejuruan termasuk pada kategori baik 22%, cukup 66%, kurang 12%. Kesiapan kerja termasuk pada kategori baik 16%, cukup 67%, kurang 17%. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara percaya diri terhadap kesiapan kerja, dengan nilai koefisien korelasi variabel percaya diri sebesar 0,419 dan taraf signifikansi 0,000, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi mata pelajaran kejuruan dengan kesiapan kerja, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,470 dan taraf signifikansi 0,000. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara percaya diri dan prestasi mata pelajaran kejuruan dengan kesiapan kerja. Hal ini dibuktikan dengan harga F=19,509 pada taraf signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5%, (0,000<0,050). Sedangkan koefisien determinan R2 sebesar 0,287, hal tersebut menunjukkan variabel percaya diri (X1) dan prestasi belajar (X2) bersama-sama berpengaruh sebesar 28,7% terhadap kesiapan kerja (Y) siswa kelas XII jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Muhamadiyah 2 Sleman. Kata kunci : Kesiapan Kerja, Percaya Diri, Prestasi Mata Pelajaran Kejuruan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jul 2015 04:22
Last Modified: 30 Jan 2019 00:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22954

Actions (login required)

View Item View Item