PENERAPAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DENGAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

MUHTAROM, . (2012) PENERAPAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DENGAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 08405241003.swf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 08405241003.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Geografi kelas XB MA Nurul Ummah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MA Nurul Ummah Yogyakarta pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XB MA Nurul Ummah Yogyakarta yang berjumlah 21 orang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan model pembelajaran AIR dengan Strategi Peninjauan Kembali. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes, sedangkan teknik analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model AIR dengan Strategi Peninjauan Kembali dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Kreativitas siswa yang dilihat dari semua indikator kreativitas mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 58,66%, pada siklus II sebesar 72,96%. Kreativitas dapat dilihat dari kemampuan menghasikan banyak gagasan, kemampuan mengemukakan barmacam-macam pemecahan terhadap masalah, kemampuan menemukan jawaban, cenderung memberi jawaban yang lebih banyak, menanggapi pertanyaan yang diajukan, mempunyai banyak pertanyaan, dan mampu menguraikan sesuatu secara terperinci. Hasil belajar Geografi siswa mengalami peningkatan yang dilihat dari rata-rata skor tes siklus pada kelas XB MA Nurul Ummah. Pada Pre Test siklus I nilai tertinggi yaitu 60 naik menjadi 85 dalam siklus I dan pada Pre Test siklus II yaitu 65 menjadi 95 dalam siklus II. Hasil belajar siswa dapat tercapai dari adanya perubahan tindakan yang dilakukan dengan mengubah model pembelajaran sebelumnya. Siswa dapat menyimak, berfikir, berbagi dalam kelompok, serta mengulas materi dengan senang sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuannya sendiri, bertanggung jawab, dan adanya kepercayaan terhadap diri sendiri. Kata Kunci : Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition), Strategi Peninjauan Kembali, Kreativitas dan Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 08 Jul 2015 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 00:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22946

Actions (login required)

View Item View Item