HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN INTELEKTUAL DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 GAMPING TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Dana Frasetya (2015) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN INTELEKTUAL DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 GAMPING TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perbedaan faktor pendukung proses pendidikan anak untuk memperoleh prestasi belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecerdasan intelektual dan status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Gamping, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Penelitian menggunakan desain penelitian metode deskriptif dengan studi korelasional. Subjek penelitian ini diambil seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gamping, jumlah siswa yang tedata adalah 57 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil skor tes IQ, angket dan nilai rapor. Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi dan regresi ganda. Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa ada hubungan signifikan hubungan antara tingkat kecerdasan intelektual dan prestasi belajar pendidikan jasmani dana kesehatan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Gamping dengan terbukti r hitung 0,281 lebih nesar dari r tabel 0,273, tidak ada hubungan signifikan, hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Gamping dengan bukti r hitung 0,116 dan lebih kecil dari r tabel 0,273, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan intelektual dan status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Gamping, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta dengan bukti F hitung 2,623 dan lebih kecil dari F hitung 3,17. Prestasi belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Gamping ditentukan oleh kombinasi tingkat kecerdasan intelektual dan status sosial ekonomi orang tua sebesar 8,9%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan intelektul, status sosial ekonomi, prestasi belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:46
Last Modified: 11 Mar 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22945

Actions (login required)

View Item View Item