PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR (KIHON) KARATE UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Jaka Aliy Farissya (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR (KIHON) KARATE UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JAKA ALIY FARISSYA_11601241015.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan permasalahan yang ada yaitu guru belum mengajarkan materi beladiri teknik dasar (kihon) karate dan belum ada media pembelajaran terkait teknik dasar (kihon) karate yang menarik untuk siswa, sehingga perlu adanya strategi untuk menarik minat siswa dan membantu pemahaman siswa terhadap teknik dasar (kihon) karate dengan pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa CD media pembelajaran video tutorial teknik dasar (kihon) karate untuk siswa sekolah menengah pertama khususnya siswa kelas VII. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yakni: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, pembuatan produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba, produksi akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif presentase. Hasil penelitian adalah tersusunya media pembelajaran video tutorial teknik dasar (kihon) karate untuk siswa sekolah menengah pertama dengan kategori sangat baik sebesar 89,09% pada uji coba kelompok besar. Dengan demikian media pembelajaran tersebut layak digunakan sebagai media belajar bagi siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Teknik Dasar (Kihon), Karate,

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Tutorial, Teknik Dasar (Kihon), Karate, Siswa, Sekolah Menengah Pertama.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:44
Last Modified: 11 Mar 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22939

Actions (login required)

View Item View Item