EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN LUKIS BATIK DENGAN PENDEKATAN PERMISIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Astiyanti, Dewi (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN LUKIS BATIK DENGAN PENDEKATAN PERMISIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dewi Astiyanti 09207244004.PDF

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan yang positif dan signifikan pada prestasi belajar keterampilan lukis batik antara peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Purworejo yang diajar dengan menggunakan pendekatan permisif dan pendekatan konvensional. (2) mengetahui keefektifan penggunaan pendekatan permisif pada pembelajaran keterampilan lukis batik peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Data diperoleh melalui skor keterampilan lukis batik pada post-test. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas yakni pendekatan permisif, dan variabel terikat yakni prestasi belajar keterampilan lukis batik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Purworejo yang terdiri dari 224 peserta didik yang terbagi dalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling dan diperoleh kelas X 2 sebagai kelas kontrol (32 peserta didik) dan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen (32 peserta didik). Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai thitung sebesar 6,616 dengan db 62 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,000 yang berarti nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang positif dan signifikan antara keterampilan lukis batik peserta didik yang diajar mengunakan pendekatan permisif dan dengan menggunakan pendekatan konvensional. Hasil ukurun efek dengan kriteria keberhasilan efek sebesar 0,83 yang menyatakan tingkat keberhasilan efek tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan permisif lebih efektif daripada pendekatan konvensional pada pembelajaran keterampilan lukis batik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan lukis batik, pendekatan permisif
Subjects: Seni dan Budaya > Painting
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 08 Jul 2015 03:24
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22938

Actions (login required)

View Item View Item