TINGKAT PEMAHAMAN TENTANG KESEHATAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI KEMBANG MALANG, PANJATAN, KULON PROGO, DIY

Rr. Sumiyati (2015) TINGKAT PEMAHAMAN TENTANG KESEHATAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI KEMBANG MALANG, PANJATAN, KULON PROGO, DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Rr. SUMIYATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terlihat sampah di sekitar kelas dan halaman sekolah, sebagian siswa SD Negeri Kembang Malang, Panjatan, Kulon Progo kurang menjaga kebersihan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman tentang kesehatan lingkungan sekolah pada siswa kelas IV dan V SD Negeri Kembang Malang, Panjatan, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunkan teknik total sampling sehingga seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berbentuk tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman tentang kesehatan lingkungan sekolah siswa kelas IV dan V di SD Negeri Kembang Malang, Panjatan, Kulon Progo adalah sebanyak 3 siswa atau 7,5% mempunyai kategori sangat bagus, 12 siswa atau 30% kategori bagus, 12 siswa atau 30% kategori sedang, 10 siswa atau 25% kategori kurang dan sisanya sebanyak 3 siswa atau 7,5% masuk dalam kategori sangat kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Kesehatan Lingkungan Sekolah, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:44
Last Modified: 30 Jan 2019 00:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22933

Actions (login required)

View Item View Item