PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI TITL SMK MA’ARIF 1 WATES PADA MATA PELAJARAN PRPD MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING

Angga Arie, Hermawan (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI TITL SMK MA’ARIF 1 WATES PADA MATA PELAJARAN PRPD MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Angga Arie Hermawan 10501241037.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI TITL SMK MA’ARIF 1 WATES PADA MATA PELAJARAN PRPD MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING Oleh : Angga Arie Hermawan 10501241037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatan kompetensi siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Ma’arif 1 Wates Kulon Progo pada mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Siswa dibagi menjadi tujuh kelompok masing-masing kelompok terdiri dari empat sampai lima siswa. Penelitian dilaksanakan masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan postest sertadokumen nilai siswa tahun lalu untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi aktifitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa dan lembar kegiatan siswa untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator penilaian mencapai nilai rata-rata kelas dengan nilai minimal 76. Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving, kompetensi kelompok siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan aspek afektif siklus I nilai rerata 53,46% dan meningkat pada siklus II pertemuan ketiga menjadi 88,68%. Aspek kognitif siswa mengalami peningkatan dilihat dari nilai kelas tahun lalu sebesar 63,83 menurun pada postest siklus 1 menjadi 55,1 meningkat pada posttest siklus II menjadi 80,1. Nilai rata-rata psikomotorik juga mengalami peningkatan, nilai psikomotorik siklus I pertemuan pertama sebesar 81,2 meningkat menjadi 91,9 pada siklus II pertemuan 3. Hasil prestasi belajar siswa tersebut sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Keywords : penelitian tindakan kelas, creative problem solving, kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jul 2015 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 00:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22923

Actions (login required)

View Item View Item