PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS ADOBE FLASH CS 3 PROFFESIONAL MATERI GULING DEPAN DAN GULING BELAKANG UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 SALAM

Sutrisno (2015) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS ADOBE FLASH CS 3 PROFFESIONAL MATERI GULING DEPAN DAN GULING BELAKANG UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 SALAM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Sutrisno_Pengembangan Sumber belajar.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengembangan sumber belajar ini dikembangkan berdasarkan permasalahan yang ada, yaitu karena kurangnya pemahaman dan motivasi peserta didik dengan materi guling depan dan guling belakang. Guru belum sepenuhnya memanfaatkan media atau sumber belajar yang ada, sehingga perlu adanya strategi untuk membantu peserta didik dalam pemahaman dan menarik motivasi peserta didik terhadap materi guling depan dan guling belakang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Compact Disc pembelajaran materi guling depan dan guling belakang untuk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model prosedural. Prosedur pengembangan yang dilakukan terdiri atas lima tahapan yang harus diikuti untuk menghasilkan produk, yaitu (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan desain, (3) tahap pengembangan software, (4)tahap validasi dan ujicoba. (5) Tahapan terakhir berupa CD pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah CD sumber belajar materi guling depan dan guling belakang untuk peserta didik keal VII SMP N 1 Salam. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi adalah “baik” dengan rerata skor 4,05, sedangkan hasil validasi ahli media adalah “baik” dengan rerata skor 4.19. hasil angket tanggapan peserta didik pada uji coba satu lawan satu adalah “ sangat baik” dengan rerata skor 4,53. Pada uji coba kelompok kecil adalah “ sangat baik” dengan rerata skor 4,39. Pada uji coba kelompok besar adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,28. Dengan demikian sumber belajar tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sumber belajar, senam lantai guling depan dan guling belakang, adobe flash CS 3 proffesional
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Jul 2015 00:43
Last Modified: 11 Mar 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22910

Actions (login required)

View Item View Item