Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Siswa Sekolah Menengah Atas

Setiawan, Donny (2015) Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Siswa Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-donny-setiawan-13711251037.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara model pembelajaran TGfU (Teaching Game for Understanding) dan model pembelajaran kelompok terhadap hasil keterampilan bola voli, (2) pengaruh motivasi tinggi dan motivasi rendah, (3) interaksi model pembelajaran dan motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2, dengan tes awal dan tes akhir pada empat kelompok yang diberikan perlakuan dua model. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakuriker kelas XI di SMAN 1 Jember dengan jumlah keseluruhan 50 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes motivasi, untuk mengukur tingkat motivasi siswa kelas ekstrakurikuler dengan validitas sebesar 0.932 dan realibilitas sebesar 0.959. instrument untuk mengukur hasil keterampilan bola voli menggunakan tes karya Guntur dengan validitas sebesar 0.871 dan realibilitas sebesar 0.882. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANOVA) dua jalur yang dilanjutkan dengan uji rentang Newman Keuls pada taraf signifian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran TGfU (Teaching Game for Understanding), dan model pembelajaran kelompok terhadap hasil keterampilan bermain bola voli, terbukti dari nilai p=0.002 < 0.05, (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap hasil keterampilan bola voli, terbukti dari nilai p=0.0012 < 0.05, (3) ada interaksi antara model pembelajaran TGfU (Teaching Game for Understanding), dan model pembelajaran kelompok terhadap hasil keterampilan bola voli, terbukti dari nilai p = 0.04 < 0.05. Kelompok siswa yang mempunya motivasi tinggi lebih tepat dilatih dengan model pembelajaran TGfU (Teaching Game for Understanding), sedangkan siswa yang mempunya motivasi rendah lebih tepat dilatih dengan model pembelajaran kelompok.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran TGfU, kelompok, motivasi, keterampilan bolavoli
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jul 2015 07:57
Last Modified: 09 May 2019 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22899

Actions (login required)

View Item View Item