EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN INSTALASI TENAGA LISTRIK 3 FASA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMKN 2 YOGYAKARTA

Vita, Nuriana (2015) EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN INSTALASI TENAGA LISTRIK 3 FASA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Angga prabowo.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN INSTALASI TENAGA LISTRIK 3 FASA PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMKN 2 YOGYAKARTA Oleh: Vita Nuriana NIM. 10501241003 ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui:(1) gambaran metode discovery learning dengan menggunakan media pembelajaran media interakif untuk meningkatkan kompetensi siswa, (2) perbedaan hasil kompetensi ditinjau dari aspek kognitif, psikomotorik dan afektif pada kompetensi siswa, (3) efektitivitas metode pembelajaran discovery learning menggunakan media pembelajaran media interaktif flash untuk meningkatkan kompetensi siswa. Penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di SMKN 2 Yogyakarta berjumlah 60 siswa. Validitas instrument dilakukan dengan expert judgement, uji validitas dengan product moment, dan uji realibilitas dengan spearman brown. Validitas penelitian ini dengan validitas internal dan eksternal. Analisis data dalam penelitian ini dengan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) sebagian siswa (56,667%) dan sebagian kecil siswa lainnya (26,667%) termasuk kategori baik pada kompetensi hasil belajar dengan metode discovery learning menggunakan media pembelajaran interaktif flash ditinjau pada aspek afektif, sebagian kecil siswa (50,000%) termasuk kategori baik dan sebagian kecil lainnya (23,333%) termasuk kategori sangat baik pada kompetensi hasil belajar dengan metode discovery learning menggunakan media pembelajaran interaktif flash ditinjau pada aspek kognitif, sedangkan sebagian kecil siswa (40,000%) termasuk kategori baik dan sebagian kecil lainya (33,333%) termasuk kategori sangat baik pada kompetensi hasil belajar dengan metode discovery learning menggunakan media pembelajaran interaktif flash ditinjau pada aspek psikomotorik; (2) terdapat perbedaan kompetensi pada metode discovery learning menggunakan media pembelajaran media interaktif flash dengan metode konvensional ditinjau dari aspek afektif, kognitif dan psikomotorik dengan nilai thitung dimana setiap masingmasing aspek sebesar 7,277 dan nilai signifikansi 0,000, 3,058 dan nilai signikansi 0,000, dan 10,902 dengan signifikansi 0,000; (3) adanya afektivitas metode discovery learning menggunakan media pembelajaran interaktif flash dengan nilai thitung sebesar -9,735 dengan signifikansi 0,000. Kata kunci: Efektivitas, Kompetensi, Metode discovery learning, pemasangan instalasi tenaga listrik tiga fasa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jul 2015 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22898

Actions (login required)

View Item View Item