EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PROGAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Angga, Prabowo (2015) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PROGAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Angga Prabowo 10503241004.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK PROGAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh : Angga Prabowo 10503241004 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran prestasi dengan media video tutorial dan efektivitas media video tutorial dengan media modul terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik. Penelitian ini adalah jenis penelitian quasi eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Progam keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Piri 1 Yogyakarta. Pelaksanaan penelitian dimulai Agustus 2014 sampai dengan Oktober 2014 (2 bulan). Media yang diterapkan pada penelitian ini video tutorial. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penilaian pre-test dan post-test. Sedangkan analisis data menggunakan teknik pendekatan kuantitatif yang berfungsi untuk menguji efektifitas penggunaan media video tutorial terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan data hasil pengujian uji beda untuk gambaran prestasi dengan menggunakan video tutorial didapatkan bahwa; (1) gambaran prestasi media video tutorial diperoleh hasil selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test, yaitu sebesar 37,5 dan pada uji hipotesis nilai Zhitung (1,97) lebih besar dari Ztabel(1,96), yang artinya terdapat pengaruh positif media pembelajaran video tutorial terhadap prestasi siswa. (2) Peningkatan prestasi media video tutorial dibandingkan dengan media modul, pada perhitungan uji hipotesis nilai Zhitung (4,64) lebih besar dari Ztabel (1,96). Pada media video tutorial peningkatan prestasi lebih tinggi dibandingkan dengan media modul. Kata Kunci: Efektivitas, video tutorial, prestasi belajar, gambar teknik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Jul 2015 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22895

Actions (login required)

View Item View Item