PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE CERDAS (CERIA DAN TANGKAS) PADA MATERI TEKNIK DASAR BOLA VOLI SISWA SMP KELAS VII

Ryan Satriyawan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE CERDAS (CERIA DAN TANGKAS) PADA MATERI TEKNIK DASAR BOLA VOLI SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL JADI.pdf

Download (84MB) | Preview

Abstract

Kurang bervariasinya guru dalam memanfaatkan media pendukung pembelajaran membuat pemahaman siswa akan materi teknik dasar dalam bola voli rendah. Untuk itu dibuatlah suatu media pembelajaran guna mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pendukung pembelajaran berbentuk puzzle guna mempermudah pengenalan teknik dasar pada cabang olahraga bola voli untuk siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Nana Syaodih Sukmadinata. Produk puzzle terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum diujicobakan pada siswa SMP kelas VII melalui ujicoba satu lawan satu dengan subyek penelitian sebayak 3 orang, ujicoba kelompok kecil dengan 10 orang dan ujicoba kelompok besar dengan 30 orang. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII SMPN 1 Muntilan dengan instrument pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: validasi ahli materi dengan kriteria penilaian akhir masuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rerata skor sebesar 4,90, validasi ahli media masuk dalam kategori “Baik” dengan rerata skor sebesar 3,77. Penilaian siswa pada ujicoba satu lawan satu masuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rerata skor sebesar 4,64. Pada ujicoba kelompok kecil kriteria penilaian masuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rerata skor sebesar 4,66 dan pada ujicoba kelompok besar diperoleh kriteria penilaian akhir “Sangat Baik” dengan rerata skor sebesar 4,66. Kualitas Puzzle pembelajaran masuk dalam kriteria Sangat Baik dan layak digunakan sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Puzzle Cerdas (Ceria dan Tangkas) Bola Voli, Teknik Dasar Bola Voli.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:40
Last Modified: 11 Mar 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22893

Actions (login required)

View Item View Item