PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUKSISWA SMP KELAS VII MATERI POLA HIDUP SEHAT DALAM BENTUK COMPACT DISC INTERAKTIF

Endro Gunantoro (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUKSISWA SMP KELAS VII MATERI POLA HIDUP SEHAT DALAM BENTUK COMPACT DISC INTERAKTIF. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya pengembangan multimedia pembelajaran untuk siswa SMP kelas VII materi pola hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk multimedia pembelajaran untuk siswa SMP kelas VII materi pola hidup sehat dalam bentuk CompactDisc interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, pengembangan yang dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: analisis kebutuhan, mengembangkan produk awal, dan evaluasi produk. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya,produk di uji cobakan kepada peserta didik melalui tahap, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sewon dan SMP Negeri 3 Bantul sebnyak 30 siswa. Data dikumpulkan melalui angket. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa CD pembelajaran interaktif yang telah diuji cobakan. Hasil validasi ahli materi adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,69 dan ahli media menilai “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,52. Penilaian peserta didik pada uji coba utama media adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,51. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, pola hidup sehat, SMP kelas VII
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:40
Last Modified: 11 Mar 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22891

Actions (login required)

View Item View Item