MENINGKATKAN MINAT KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI SD NEGERI GODEAN 1 KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Suraji (2015) MENINGKATKAN MINAT KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI SD NEGERI GODEAN 1 KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Suraji_13604227043.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya dampak penerapan model permainan tradisional dalam meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III dalam mengikuti pemmbelajaran lompat tinggi di SD Negeri Godean 1 Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain Penelitian Tindakan Kelas berupa putaran spiral dengan siklus I dan siklus II. Populasi penelitian adalah siswa kelas III di SD Negeri Godean 1 Kecamatan Godean Kabupaten Sleman sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian adalah lembar penilaian minat, keaktifan, hasil belajar, dan catatan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model permainan tradisional dapat meningkatkan: (1) minat siswa dibuktikan pada siklus I berada pada kategori sedang sebesar 53,6% sedangkan siklus II sebesar 75% kategori tinggi (2) keaktifan siswa dibuktikan pada siklus I berada pada kategori baik sebesar 57,1% sedangkan siklus II sebesar 92,9% kategori baik (3) hasil belajar siswa dibuktikan pada siklus I berada pada kategori cukup sebesar 46,4% sedangkan siklus II sebesar 75% kategori baik. (4) Implementasi penerapan permainan tadisional efektif untuk meningkatkan minat, keaktifan dan hasil belajar siswa pembelajaran lompat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model permainan tradisional berpengaruh terhadap peningkatan minat, keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III dalam mengikuti pembelajaran lompat tinggi di SD Negeri Godean 1 Kecamatan Godean Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional, Minat, Keaktifan, Hasil Belajar, Lompat Tinggi, Siswa SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22887

Actions (login required)

View Item View Item