STATUS GIZI DAN ANGKA METABOLISME BASAL (AMB) SISWA KELAS IV, V, DAN VI SEKOLAH DASAR NEGERI MARGOAGUNG SEYEGAN SLEMAN

Rahmat Hidayat (2015) STATUS GIZI DAN ANGKA METABOLISME BASAL (AMB) SISWA KELAS IV, V, DAN VI SEKOLAH DASAR NEGERI MARGOAGUNG SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMAT HIDAYAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Margoagung mempunyai siswa yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sehingga dibutuhkan gizi yang memenuhi empat sehat lima sempurna. Dalam penelitian ini permasalahnya adalah belum diketahui status gizi dan angka metabolisme basal (AMB) siswa kelas IV, V, dan VI SD N Margoagung. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keadaan status gizi dan angka metabolisme basal (AMB) siswa kelas IV, V, dan VI SD N Margoagung. Desain penelitian ini termasuk penelitian deskriptif menggunakan metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Sampel penelitian adalah seluruh siswa SD N Margoagung kelas IV,V, dan VI yang berjumlah 77 siswa. Rumusan yang digunakan dalam pengukuran tingkat status gizi adalah rumus Indeks Masa Tubuh Menurut Umur (IMT/U) dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia (2005) serta Rumus FAO/WHO/UNU untuk menentukan angka metabolisme basal (AMB). Hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa status gizi siswa SD N Margoagung Kecamatan berada pada kategori “Normal”. Hal ini ditunjukan dengan hasil penelitian yaitu siswa kelasIV, V dan VI secara keseluruhan mempunyai status gizi normal sebanyak 57 siswa (74%), 5 siswa (6,5%) mempunyai status gizi kurus, 9 siswa (11,7%) mempunyai status gizi gemuk dan 6 siswa (7,8%) mempunyai status gizi obesitas. Hasil analisi data angka metabolisme basal (AMB) keseluruhan siswa kelasIV, V dan VI yang diukur menggunakan rumus dari FAO/WHO/UNU diketahui untuk siswa laki-laki usia 3-10 tahun angka metabolisme basal (AMB) ratarata 1121,1 kkal/hari,Untuk siswa perempuan angka metabolisme basal (AMB) ratarata 1027,8 kkal/hari. Siswa laki-laki usia 10-18 tahun angka metabolisme basal (AMB) rata-rata 1278,8 kkal/hari.,siswa perempuan angka metabolisme basal (AMB) rata-rata 1146,7 kkal/hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: status gizi, angka metabolisme basal (AMB)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:38
Last Modified: 30 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22878

Actions (login required)

View Item View Item