PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COLLEGE BALL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP N 5 SLEMAN

Hanik, Munifatul (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COLLEGE BALL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP N 5 SLEMAN. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
1 halaman depan.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB I burning.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II burning.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III burning.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB IV burning.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V burning.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 LAMPIRAN buat burning.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran college ball terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 5 Sleman pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah randomized pre test post test control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan tes prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 5 Sleman tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 103 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling dengan mengundi kelas mana yang akan dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil undian sampel terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Analisis data dari hasil angket dan tes prestasi menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, ada pengaruh penggunaan model pembelajaran college ball terhadap motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran college ball dengan kelas yang menggunakan metode ceramah. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung: 2,874 > ttabel: 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,005 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,005 <0,05). Kedua, ada pengaruh penggunaan pembelajaran model college ball terhadap prestasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran college ball dengan kelas yang menggunakan metode ceramah. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung: 6,861 > ttabel: 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 <0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 07:10
Last Modified: 30 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22876

Actions (login required)

View Item View Item