IMPLEMENTASI IZIN PERUNTUKAN PENGGUNAAN TANAH (IPPT) DALAM PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG (Studi Kasus Kecamatan Godean Kabupaten Sleman)

FIRDAUS, ALFI ZAHRIAL (2012) IMPLEMENTASI IZIN PERUNTUKAN PENGGUNAAN TANAH (IPPT) DALAM PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG (Studi Kasus Kecamatan Godean Kabupaten Sleman). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Alfi Zahrial F_07405241018.swf - Accepted Version

Download (7MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Alfi Zahrial F_07405241018.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi IPPT dan mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran pemanfaatan lahan di Kecamatan Godean. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menganalisis beberapa indikator penilaian diantaranya, sumber daya pelaksana, daya dukung peraturan, pelaksanaan pengendalian pemanfaatan lahan, koordinasi, sosialisasi, pengawasan, dan respon masyarakat. Teknik pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara, sedangkan pengumpulan data sekunder melalui dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi IPPT secara umum belum efektif, sehingga belum sepenuhnya mampu mengendalikan alih fungsi lahan. Hal ini dapat dilihat dari kesimpulan akhir analisis indikator-indikator kinerja implementasi IPPT, yang menunjukkan kriteria belum efektif. Tiap tahun alih fungsi lahan pertanian menjadi sarana fisik, masih terus terjadi. Pelanggaranpelangaran pemanfaatan lahan yang terjadi di masyarakat, makin mempertegas belum efektifnya kebijakan ini. Kata kunci: Alih Fungsi Lahan, Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT), Pengendalian Pemanfaatan Lahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 04:34
Last Modified: 30 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22866

Actions (login required)

View Item View Item