PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBANTUAN KOMPUTER DENGAN MATERI HIDROSFER UNTUK SISWA SMA KELAS X

Sari, Eko Rizqa (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBANTUAN KOMPUTER DENGAN MATERI HIDROSFER UNTUK SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Eko Rizqa S-Pengembangan Media-Pend. Geografi.swf - Accepted Version

Download (3MB)
[img] Text (FIS Digital)
Eko Rizqa S-Pengembangan Media-Pend. Geografi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran geografi berbantuan komputer yang yang layak digunakan pada mata pelajaran geografi SMA Kelas X pokok bahasan hidrosfer sub tema perairan darat. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development, R & D). Penelitian ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pembuatan produk media pembelajaran, validasi ahli, praktisi pembelajaran dan uji coba terhadap siswa. Tempat penelitian ini adalah SMA N 1 Kebumen, Jawa Tengah. Uji coba dilaksanakan kepada 3 orang siswa dalam kelompok kecil dan 24 siswa dalam uji coba lapangan. Media ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS 3. Data diperoleh dengan lembar kuesioner dan analisis data dilakukan dengan mengkonversikan skala 5 ke dalam tabel konversi skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran geografi dengan materi hidrosfer sub tema perairan darat pada siswa SMA kelas X layak digunakan dalam pembelajaran. Ahli materi geografi menilai baik untuk aspek pembelajaran dan isi dengan rerata skor sebesar 3,79 dan 3,56. Ahli media pembelajaran geografi menilai baik untuk aspek tampilan, pembelajaran, dan pemrograman dengan rerata skor 3,83, 4,2 dan 3,83. Praktisi pembelajaran geografi menilai baik untuk aspek keterlaksanaan dan sangat baik untuk aspek isi dan kebahasaan dengan rerata skor sebesar 4,25, 4,33 dan 4,17. Penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil menilai baik pada aspek pembelajaran, tampilan, isi, dan pemrograman dengan rerata skor 3,9, 4,12, 3,87, dan 3,78. Rata-rata hasil pre test uji coba lapangan menunjukkan skor 52,5 dan post tes 85,42. Secara umum media pembelajaran yang dikembangkan dinilai layak dikembangkan. Kata kunci : media pembelajaran berbantuan komputer, hidrosfer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22849

Actions (login required)

View Item View Item