PENGEMBANGAN MEDIA LATIHAN “VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR TANGKISAN BELADIRI” UNTUK ANAK USIA DINI” (KAJIAN TEKNIK TAEKWONDO)

Amelia Fitriyati (2015) PENGEMBANGAN MEDIA LATIHAN “VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR TANGKISAN BELADIRI” UNTUK ANAK USIA DINI” (KAJIAN TEKNIK TAEKWONDO). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Amel_2015.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam proses latihan yaitu diperlukannya suatu media yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat membangun motivasi peserta didik dan mempermudah peserta didik dalam pengenalan teknik-teknik dasar taekwondo. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa CD media latihan video tutorial teknik dasar tangkisan beladiri untuk usia anak dini (kajian teknik taekwondo). Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang menggunakan sepuluh langkah dalam penelitian pengembangan. Pengembangan media pembelajaran dan latihan video tutorial teknik dasar tangkisan beladiri, terlebih dahulu divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media dan 10 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, 20 peserta didik untuk uji coba lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah Selabora Setiyaki dan KITS (Kick Taekwondo School). data dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan: Secara keseluruhan, media latihan video tutorial taekwondo dengan pokok bahasan materi (teknik tangkisan) ini dikategorikan layak digunakan dalam latihan taekwondo untuk usia dini. Bedasarkan uji coba, kelayakan dari media latihan video tutorial teknik dasar tangkisan taekwondo untuk peserta didik SD kelas 1-6 meliputi: Segi materi 97,6%, dari segi media 88,25%. Uji coba Kelompok kecil kelayakan sebesar 88,5%, Uji coba Lapangan kelayakan sebesar 91,41%. Secara keseluruhan media latihan video tutorial teknik dasar tangkisan beladiri (kajian teknik taekwondo) untuk anak usia dini layak digunakan dalam pengenalan dan latihan teknik dasar taekwondo setelah melalui beberapa tahap uji coba.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Latihan Video, Teknik Tangkisan, Usia Dini.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:37
Last Modified: 11 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22845

Actions (login required)

View Item View Item