PENGARUH PEMBELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DENGAN PENDEKATAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA KELAS X JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 2 WONOSARI

Angga, Darmawan (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DENGAN PENDEKATAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA KELAS X JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ANGGA DARMAWAN - 11505244008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DENGAN PENDEKATAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS FLASH PADA KELAS X JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 2 WONOSARI Oleh Angga Darmawan NIM 11505244008 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tutorial Rencana Anggaran Biaya (RAB) berbasis Adobe Flash Player sebagai media pembelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) di SMK Negeri 2 Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (Control Group Pretes Postes Design). Tahap-tahap penelitian ekperimen, yaitu: (1) perumusan masalah; (2) pembuatan media tutorial; (3) validasi ahli; (4) eksperimen kelas dan (5) analisis data. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Arsitektur dan kelas X Teknik Sipil yang berjumlah 20 orang. Pengolahan data yang disajikan menggunakan teknik kuantitatif dengan analisis uji t. Hasil penelitian ini menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media tutorial rencana anggaran biaya (RAB) berbasis Adobe Flash Player. Hasil penelitian ini diperkuat dengan hasil uji t skor postest yang menunjukan signifikan sebesar 0,01 < 0,05). Berdasarkan data tersebut disimpulkan terdapat peningkatan hasil pembelajaran pada mata pelajaran rencana anggaran biaya (RAB) berbasis flash media player. Kata Kunci : pengaruh, pendekatan pembelajaran berbasis adobe flash player

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Jul 2015 03:34
Last Modified: 30 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22844

Actions (login required)

View Item View Item