PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA

Norma Oktafia, Esti (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap aktivitas belajar PKn siswa, 2) pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap prestasi belajar PKn siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta sebanyak 4 kelas dengan jumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (32 siswa) dan kelompok kontrol (32 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan observasi. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 1% dan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif index card match terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada aktivitas siswa sebesar 2,103 dan nilai ttabel dengan db 62 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,000. Nilai thitung > ttabel atau nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,040 < 0,05); 2) pengaruh penggunaan pembelajaran aktif tipe index card match terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada posttest prestasi belajar siswa sebesar 4,237 dengan db 62 pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,660. Nilai thitung > ttabel atau nilai p lebih kecil dari 0,01 (p= 0,000 < 0,01). Karena thitung > ttabel (4,237 > 2,660) sehingga sangat signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 07 Jul 2015 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 00:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22841

Actions (login required)

View Item View Item