TINGKAT KETERAMPILAN LAY UP SHOOT PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA N 1 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

Faisal Imam Wicaksana (2015) TINGKAT KETERAMPILAN LAY UP SHOOT PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA N 1 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Faisal Imam Wicaksana_11601241043.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai cara melakukan gerakan lay up shoot yang hanya menentukan nilai dari bola masuk ke ring basket, tanpa memperhatikan aspek-aspek teknik lay up shoot dalam permainan bolabasket di SMA N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta. Dari pengalaman yang peneliti alami di Ekstrakurikuler SMA N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta, peneliti banyak melihat kesalahan dari para pemain saat melakukan lay up shoot. Hal tersebut membuat peniliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang tingkat keterampilan lay up shoot pada peserta ekstrakurikuler di SMA N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan Lay up shoot peserta ekstrakurikuler di SMA N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu seluruh siswa SMA N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket dan memenuhi 50% presensi terhitung dari dimulainya tahun ajaran baru 2014/2015 sampai dengan dilakukannya pengambilan data berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes untuk mengukur Lay Up Shoot dari Hal Wissel yang dimodifikasi dari penelitian Achmad Bayu Aji Syahputra (2013). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat keterampilan Lay Up Shoot Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket di SMA N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta, 4 siswa masuk dalam kategori sangat baik (18.18%), 6 siswa masuk dalam kategori baik (27.27%), 10 siswa masuk ke dalam kategori sedang (40.90%), 1 siswa masuk ke dalam kategori rendah (4.55%), dan 1 siswa masuk ke dalam kategori sangat rendah (4.55%). Dari data tersbut dapat disimpulkan bahwa tingkat Keterampilan Lay Up Shoot Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket di SMA N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta 6 siswa masuk dalam kategori baik (27.27%) dan sedang (40.90%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Lay Up Shoot, Peserta Ekstrakurikuler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2015 08:37
Last Modified: 11 Mar 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22840

Actions (login required)

View Item View Item