EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGUKURAN DENGAN ADOBE FLASH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Andy, Wibowo (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGUKURAN DENGAN ADOBE FLASH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Andy Wibowo 06503241034.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGUKURAN DENGAN ADOBE FLASH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Oleh: Andy Wibowo 06503241034 Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash, 2) Mengetahui pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan pembelajaran tanpa menggunakan media Adobe Flash, 3) Mengetahui perbedaan pengetahuan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash dengan siswa yang tidak diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash, 4) Mengetahui besarnya efektivitas media Adobe Flash dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental, dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, dengan subjek penelitian kelas 1 TP 3 39 siswa (kelas eksperimen) dan kelas 1 TP 2 39 siswa (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengetahuan siswa kelas eksperimen sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan media Adobe Flash, yaitu 40,46 menjadi 69,72 dengan hasil uji-t menunjukkan t hitung 13,87 lebih besar dari t tabel 2,00. (2) Terdapat perbedaan pengetahuan siswa kelas kontrol sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran tanpa media Adobe Flash, yaitu 41,62 menjadi 62,67 dengan hasil uji-t menunjukkan t hitung 11,76 lebih besar dari t tabel 2,00. (3) Peningkatan pengetahuan siswa kelas eksperimen lebih besar atau lebih cepat daripada peningkatan pengetahuan siswa kelas kontrol yaitu 69,72 > 62,67. (4) Besarnya efektivitas penggunaan media pembelajaran Adobe Flash dalam meningkatkan pengetahuan siswa adalah sebesar 8,21 sehingga menunjukkan penggunaan media pembelajaran Adobe Flash memberikan kontribusi yang positif dan lebih efektif daripada yang tidak menggunakan media pembelajaran Adobe Flash.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 07 Jul 2015 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 00:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22831

Actions (login required)

View Item View Item